Jumat, April 26

Wisata Sejarah di Sumatera Selatan

1. SITUS SRIWIJAYA
lokasi di kelurahan Karang Anyar Kec. Ilir Barat Kodya Palembang. Diresmikan pada 22 Desember 1994 dengan peletakan kembali replika Prasasti Kedukan Bukit. Prasasti tersebut menceritakan dua laksa balatentara Srijayanasa membangun Wanua Sriwijaya pada Tahun 606 Saka (684 Masehi) di kaki Bukit Siguntang.

2. Benteng kuto besak dan Museum Sultan Mahmud Baharudin II



Benteng Kuto besak dan Museum Sultan Mahmud Baharudin II merupakan salah satu peninggalan sejarah dari kerajaan Palembang, yang dimana terletak di kota Palembang dan juga kedua objek ini terletak berdekatan dengan jembatan Ampera. Di dalam museum Sultan Mahmud Baharudin II, kita dapat melihat beberapa peninggalan dari kerajaan Palembang yang dulu dipinpin oleh Sultan Mahmud Baharudin II, sedangkan Benteng Kuto Besak terdapat juga beberapa peninggalan dari kerajaan Palembang juga dan Belanda ketika menduduki kawasan Palembang pada zaman penjajahan.

Wisata Belanja dan cinderamata Sumatera Selatan

Produk Kain tenun Khas Kerajinan Sumatera Selatan
kain songket palembang
Kain Songket
Sumatera terkenal dengan produk kain tenunya yang sudah ada sejak dahulu salah satunya adalah KAIN SONGKET yang Merupakan kain tenunan khas Sumatera Selatan terbuat dari benang mas yang didatangkan dari Cina dan Singapura, kain songket tidak dibuat dalam pabrikan namun ditenun dengan tangan oleh pengrajin tradisional. Kain songket sangat lazim dipakai pada acara adat dan acara resmi lainnya seperti perkawinan, khitanan serta berbagai tarian khas. Kain songket mempunyai banyak motif dan warna, umumnya berwarna cerah yang menggambarkan keceriaan dan keriangan masyarakat Sumatera Selatan, motifnya antara lain motif kembang pacar cina dan motif jantung.

Selain itu terkenal juga beberapa kain khas seperti KAIN TAJUNG, KAIN BLONGSONG, KAIN JUMPUTAN

UKIRAN KHAS PALEMBANG
Biasanya terbuat dari kayu tembesu atau mahoni, kayu tersebut merupakan kayu khas Sumatera Selatan. Objek yang menjadi ukiran adalah rek pengantin, dipan, buffet dan kursi, umumnya ukirannya bermotif bunga dengan warna dominan merah dan kuning emas.
source : http://www.tempat-wisata.info/2012/11/tempat-wisata-di-sumatera-selatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar