Jumat, April 26

Taman Hutan "Punti Kayu" Wisata di Palembang


Punti Kayu: Taman Hutan Wisata di Palembang

Taman Wisata Alam Punti Kayu merupakan satu-satunya hutan wisata di kota Palembang yang terletak 6 km dari pusat kota. Kawasan Taman Puntikayu merupakan kawasan konservasi yang konsep pengembangannya berdasarkan pada prinsip-prinsip perlindungan keanekaragaman jenis tumbuhan hayati dan satwa.
Potensi TWA Punti Kayu berupa panorama hutan pinus (pinus mercussi) yang memiliki nilai estetika pemandangan menarik, serta adanya kebun binatang mini dengan hewan liar yaitu : kera ekor panjang (Macaca Fasicicularis), Beruk (Macaca Nemistriana), dll.
Selain itu ada juga arena menunggang kuda, area atraksi gajah, taman bunga, taman bermain anak, dermaga perahu, kolam renang anak, jembatan gantung, panggung terbuka, dan joglo/pendopo.
Untuk fasilitas terdapat pintu gerbang, loket karcis, musholla, pusat informasi, toilet umum, kantin / pondok pedagang sumur, tower air, pos keamanan, dan tempat parkir yang luas.

 Punti Kayu Palembang – Pintu Masuk

Selain terdapat kebun binatang, objek wisata ini juga memiliki penangkaran buaya dan hutan pinus kota yang terbesar di Indonesia. Hutan Wisata Punti Kayu ini dapat dijangkau dengan kendaraan umum trayek km 12 yang letaknya sekitar 7 km dari pusat kota. Sejak tahun 1998 telah ditetapkan sebagai hutan lindung. Sejak tahun 1986 hasil kesepakatan antara Provisnsi Sumatera Selatan dan Departemen Kehutanan, Hutan ini menjadi Hutan Wisata dengan menambah beberapa sarana wisata.


Punti Kayu Palembang – Hutan Pinus

Sarana wisata yang lain adalah Outbond . Para pengunjung dapat menikmati sarana ini bersama keluarga dengan biaya yang tidak mahal dan pastinya menyenangkan. Selain itu ada juga arena menunggang kuda, area atraksi gajah, taman bunga, taman bermain anak, dermaga perahu, kolam renang anak, jembatan gantung, panggung terbuka, dan joglo/pendopo. Silahkan kunjungi hutan wisata ini jika anda berkunjung di kota Palembang.


Punti Kayu Palembang – Flying Fox

source : http://mediainformasi.org/punti-kayu-taman-hutan-wisata-di-palembang/

1 komentar: